Sunarso Resmi Jadi Direktur Utama Bank BRI

Sunarso Resmi Jadi Direktur Utama Bank BRI

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang digelar Senin 2 September ini resmi menunjuk Sunarso sebagai Direktur Utama Bank BRI menggantikan posisi Suprajarto yang sebelumnya ditunjuk menjadi Dirut PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN) tapi mengundurkan diri.

RUPSLB ini digelar di kantor pusat BRI, Jakarta, sejak pukul 15.00 WIB dengan agenda di antaranya evaluasi kinerja semester I-2019 dan perubahan susunan pengurus (komisaris dan direksi).

Gelaran RUPSLB ini juga menjadi rentetan RUPSLB empat BUMN yang sudah digelar sejak 28 Agustus lalu yang dimulai oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), disusul berikutnya Bank BTN pada 29 Agustus dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) pada Jumat lalu 30 Agustus.

Sunarso sebelumnya sudah ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi Plt (pelaksana tugas) Dirut Bank BRI sementara sambil menunggu definitif posisi direktur utama dalam RUPSLB hari ini.

Sebelum menjadi Wadirut BRI dan akhirnya dipilih menjadi Dirut BRI, Sunarso merupakan bankir yang membangun kariernya di Bank Dagang Negara (BDN). Setelah BDN dimerger dan bersalin nama menjadi Bank Mandiri, pria kelahiran Pasuruan ini melanjutkan karier di bank berlogo pita kuning ini.

Di Bank Mandiri, Sunarso merupakan bankir yang berprestasi. Salah satu prestasinya adalah berhasil menyusun skema pembiayaan kepada sektor kelapa sawit.

Pada 2010, pemegang saham Bank Mandiri memberikan mandat sebagai direksi Bank Mandiri. Ia menduduki jabatan sebagai direktur Commersial & Business Banking selama 5 tahun.

Pada 2015, Kementerian BUMN memberikan mandat bagi pada Sunarso. Ia ditunjuk sebagai Wakil Direktur Utama BRI mendamping Asmawi Syam yang ditunjuk sebagai direktur utama.

Sunarso tak sampai tuntas menjalankan amanat ini. Alumni Agronomi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan S2 Administrasi Bisnis, Universitas Indonesia ini hanya 2 tahun menjalani peran ini. Pada Oktober 2017, Kementerian BUMN menunjuk Sunarso sebagai Direktur Utama Pegadaian (Persero).

Ternyata Sunarso hanya bertahan satu tahun di Pegadaian, pada 3 Januari 2019, RUPSLB BRI menunjuknya kembali sebagai Wadirut BRI dan menjadi Dirut BRI per 2 September ini. (Cnbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *