Wakil Gubernur Lampung Pantau Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Umum Kepala Daerah Serentak Ke Lampung Selatan

Kalianda — Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia, bersama Jajaran Forkopimda Provinsi Lampung melakukan Kunjungan Kerja Ke Pemkab Lampung Selatan Dalam Rangka Pemantauan Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah Serentak di Kabupaten/Kota Provinsi Lampung Tahun 2020, bertempat di Aula Krakatau Komplek Perkantoran Pemkab Lampung Selatan, Senin (14/09).

Kunjungan kerja ini selain dalam rangka memonitor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 di 6 (enam) Kabupaten dan 2 (dua) Kota, yaitu : Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Way Kanan, Pesawaran, Pesisir Barat, dan di Kota Bandar Lampung serta Kota Metro juga bertujuan untuk menguatkan koordinasi dan konsolidasi antar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Penyelenggara Pilkada serta pihak terkait, agar dapat bersinergi dalam menjalankan peran dan fungsi masing-masing khususnya dalam menjamin terakomodasinya hak konstitusi masyarakat guna mewujudkan Pilkada yang aman dan damai.

Wakil Gubernur Lampung memaparkan hal-hal yang perlu menjadi perhatian dan diwaspadai pada saat berlangsungnya Pilkada dan perlu diantisipasi diantaranya faktor gangguan alam seperti cuaca buruk dan faktor keamanan. Peningkatan kualitas Daftar Pemilih Tetap (DPT), Anggaran untuk penyelenggaran Pilkada serentak Tahun 2020 dan Pihak Keamanan, Tahapan distribusi logistik Pilkada, dan Tahapan kampanye dengan mengantisipasi potensi konflik seperti protes Parpol/Tim Kampanye ke penyelenggara, bentrok massa dan perusakan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Kemudian tahapan masa tenang kampanye Pilkada dengan mengantisipasi terjadinya money politic dan kampanye hitam, sabotase, ancaman penculikan, serta kampanye golput (golongan putih untuk tidak memilih). Lalu tahapan penghitungan suara dimana berpotensi adanya protes hasil penghitungan, penggelembungan hasil penghitungan suara, mengulur-ulur waktu penghitungan suara hingga tindak kekerasaan dan perusakan. Dan terakhir Antisipasi Netralitas ASN dengan terus memberikan himbauan kepada ASN untuk selalu bersikap Netral dan profesional,” papar Chusnunia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, dalam kesempatannya melaporkan beberapa hal terkait dengan Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah Serentak di Kabupaten Lampung Selatan. Terkait dengan kondisi dan stabilitas keamanan di Kabupaten Lampung Selatan cukup baik dan kondusif. Hal ini tentu saja berkat adanya koordinasi dan antisipasi yang baik dari seluruh aparat keamanan, baik jajaran Kepolisian maupun TNI.

“KPU sebagai penyelenggara Pemilukada Serentak telah melakukan kerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Dinas/Instansi terkait dalam penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan ketat. Hal ini dilakukan agar tingkat partisipasi kehadiran masyarakat dalam menentukan hak pilih tidak mengatami penurunan, dan KPU juga telah membuat aturan tentang Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan, sehingga Visi dan Misi para Calon Kepala Daerah dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat,” ujar Thamrin.

Guna mengantisipasi kericuhan pada
pelaksanaan Pemilukada Serentak yang dapat menimbulkan kerawanan politik dan keamanan serta mengganggu ketertiban masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah berkoordinasi dengan TNI, Polri, KPU, Bawaslu dan lainnya, sehingga diharapkan pada Pelaksanaan Pemilukada Serentak mendatang bisa berjalan dengan lancar, aman, damai dan meningkatnya partisipasi masyarakat. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*