Hadiri HUT Ke – 15 Tahun Pesawaran, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Dorong Sektor Pariwisata Melaui Desa Wisata

PESAWARAN—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan bahwa setelah badai pandemi Covid-19, sektor pariwisata Indonesia kembali menduduki peringkat yang relatif bagus dalam indeks pemeringkatan yang disusun World Economic Forum (WEF). Mengutip laporan Travel Tourism Development Index Tahun 2021 edisi Mei 2022, Industri Pariwisata Indonesia naik ke peringkat 32, dari total 117 negara seluruh dunia.

“Hal ini tentu saja menjadi sinyal kepulihan jika pariwisata kita siap mendorong kebangkitan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya,” ucap Gubernur Arinal Saat menghadiri acara Malam Puncak Semarak Pesawaran, 15 Tahun Helau, di Lapangan Kantor Bupati Pesawaran, Minggu (31/07/2022).

Menurut Gubernur Arinal, sektor pariwisata menjadi bagian dalam agenda kerja utama Pemerintah Provinsi Lampung. Hal tersebut tercantum dalam RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024, yaitu menjadikan Lampung Kaya Festival dan menjadikan Lampung sebagai tujuan ekowisata, salah satunya melalui pengembangan desa wisata.

Desa Wisata merupakan salah satu alternatif wisata alam yang dapat menghadirkan keunikan, melalui ciri khas produk lokal dan atraksi daerah.

“Alhamdulillah, tahun ini sebanyak 3 Desa Wisata di Provinsi Lampung yakni Desa Wisata dan Konservasi Pantai Minang Rua (Lampung Selatan), Desa Wisata Teluk Kiluan (Tanggamus) dan yang terakhir adalah Desa Wisata Pulau Pahawang (Pesawaran). Ketiga desa ini berhasil masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ungkap Gubernur

Gubernur juga menyatakan bahwa Kabupaten Pesawaran memiliki potensi yang besar terutama untuk wisata alam. Untuk itu Gubernur berkeyakinan bahwa kedepan Pemerintah Kabupaten Pesawaran mampu menghadirkan pariwisata yang berkualitas, pariwisata yang menawarkan pengalaman unik serta kenyamanan bagi para wisatawan.

“Jika Pesawaran menjadi tujuan wisata tentunya akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke daerahnya, Kondisi ini tentunya akan berpengaruh besar terhadap meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubernur.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Arinal menyampaikan apresiasi, serta ucapan terima kasih atas kehadiran dan antusias masyarakat, dalam mengikuti rangkaian acara dalam rangka HUT Kabupaten Pesawaran yang ke-15.

Sementara itu Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P. mengatakan bahwa perayaan Hut Pesawaran kali ini sedikit berbeda, dari yang biasanya dipusatkan di satu tempat, kali ini pelaksanaan perayaan disebar di 148 desa yang ada di Pesawaran.

“Rangkaian Pesta rakyat kali ini kami sebar ke desa-desa, agar euforianya bisa sampai ke desa-desa, sehingga semua masyarakat selalu dapat merasakan semangat dan semarak pesawaran ada di tengah-tengah masyarakat,” pungkas nya(rls)

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*