Reflikasi inovasi, industrilisasi BUMDES dan BUMADES di Kecamatan Pardasuka Pringsewu

Foto : GA

 

PRINGSEWU, PESONALAMPUNGNEWS.COM–Sekretaris camat (SEKCAM) Pardasuka, Fahrul rozi membuka kegiatan Reflikasi inovasi yang di hadiri oleh TPID pardasuka, Tenaga Ahli Pemberdayaan desa kabupaten Pringsewu, Dini destiany, SE.,MM , pengurus BUMDES 6 pekon dan perwakilan 13 pekon, ketua APDESI pardasuka, dan kepala pekon tanjung rusia timur nurwoto sebagai tuan rumah kegiatan, Sabtu (17/11/2018).

Dalam sambutannya sekcam mendukung adanya kegiatan replikasi inovasi dari kementerian desa RI dalam percepatan kemajuan ekonomi di desa yang menjadi basis kekuatan ekonomi NKRI yang paling dasar dalam menopang kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan kemandirian nusabangsa.

Senada dikatakan kepala pekon tanjung rusia timur bahwa dengan adanya UU No.6/2014 tentang desa, maka desa memiliki segalanya dalam menuju indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan bermartabat.

TPID Pardasuka menghadirkan nara sumber dari yayasan Desapolitan Indonesia (DESINDO). Ahmad Muslimin sekretaris umum yayasan DESINDO menyampaikan materi REPLIKASI BUMDES dan BUMADES menuju BUMDes Online, Bumdes Mart/Grosir dan BUMDes Center.

Dalam penjelasannya di era digital sangat penting mereplikasi BUMDes Online dengan melaksanakan TOT sehingga BUMDes yang telah ada dapat mengakses aplikasi BUMDes online, kemudian dapat melakukan transaksi 15.000 aneka produk dan PPOB serta memasarkan produk unggulan desa secara online.

Wakil ketua umum yayasan DESINDO Dedi rokhman, SE. Memaparkan materi Inovasi Desa dengan mengacu pada potensi desa yang ada dengan menerapkan teknologi tepat guna dan melibatkan multi sektor agar kemajuan dan kemandirian desa dapat segera terwujud.

Dalam sesi diskusi dan tanya jawab akhirnya ada kesepakatan tiap pekon sebagai berikut:
Pekon selapan sepakat membangun industri Air Minum Dalam Kemasan dan wisata air terjun.
Pekon tanjung rusia timur sepakat mendirikan industri minuman, pangan dan obat herbal berbahan baku sirsak.
Pekon pagelaran fokus pada industri abon dan nugget berbahan baku ikan lele. Sampai pada pembenihan dan pengemukan ikan lele.
Pekon pardasuka akan aktifkan industri tenun tapis lampung dan aneka pangan dari pisang dan umbian.
BUMADES di 6 Pekon siap mendirikan Badan Usaha Milik Antar Desa (BUMADES).
13 BUMDES akan merencanakan TOT BUMDes Online, BUMDes Mart/Grosir dan BUMDes Center. (GA)

 

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*