Pulihkan DAS, Pemprov Lampung dan PLN Tanam Pohon di Tahura WAR

 

BANDARLAMPUNG, PESONALAMPUNGNEWS.COM–Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kehutanan Provinsi Lampung bersama PT PLN Lampung, dan rimbawan menanam pohon di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman (Tahura WAR), Pesawaran, pada Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap 28 November, Rabu (28/11/2018). Momentum ini diharapkan menjadi peningkatan komitmen semua pihak dalam pelestarian sumber daya alam, hutan, dan lingkungan.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Syaiful Bachri, upaya rehabilitasi hutan dan lahan melalui Gerakan Lampung Menghijau dan pemulihan daerah aliran sungai (DAS) menjadi fokus perlindungan sistem penyangga kehidupan. “Ini harus diupayakan agar fungsi ekologi khususnya hidrologi dan hidroorologi dapat berlangsung baik. Sehingga DAS kembali sehat dan berkontribusi bagi pencegahan bencana, serta peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” kata Syaiful Bahri pada kegiatan bertajuk ‘PLN dan Rimbawan Menanam Pohon Tahun 2018” itu.

Pemilihan Tahura Wan Abdul Rachman, kata Syaiful, sejalan dengan pengembangan destinasi wisata unggulan di Provinsi Lampung. Terlebih, saat ini dikembangkan Observatorium Astronomi Lampung yang berlokasi di Tahura WAR.

“Pelestarian dan rehabilitasi harus terus dilakukan agar Tahura sebagai kawasan konservasi yang bertujuan untuk mengoleksi tumbuhan dan satwa alami atau bukan alami. Dari jenis asli dan atau bukan asli yang dimanfaatkan untuk keperluan umum sebagai tujuan penelitian, ilmu pengetahuan. Kemudian, pendidikan, serta fasilitas penunjang budidaya, budaya, pariwisata, dan rekreasi dapat terwujud,” kata Syaiful.

Secara keseluruhan selama 2018 ditanam 5,14 juta bibit berasal dari sumber dana APBN melalui UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung), APBD Provinsi Lampung, program corporate social responsibility (CSR), dan swadaya masyarakat. Sedangkan di Tahura WAR ditanam 36.649 bibit pohon, berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebanyak 10 ribu batang, Pemerintah Provinsi 25.449 batang, dan CSR PT PLN Unit Induk Distribusi Lampung 1.200 batang.

Penanaman pohon diikuti unsur Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, TNI Korem 043 Garuda Hitam dan jajaran Kodim Bandar Lampung, Lampung Selatan, dan Tanggamus, Perguruan Tinggi, TP4K Provinsi Lampung, Organisasi Profesi, Forum CSR Lampung, BUMN, swasta, pramuka, rimbawan dan masyarakat. Mereka menanam pinus, ketapang kencana, trembesi, glodokan, cemara norpop, dan durian di sekitar Pusat Informasi Tahura hingga perkemahan.

Selain itu, ditanam di koridor jalan menuju Teropong Bintang. “Kegiatan penanaman pohon juga merupakan bagian pelaksanaan Gerakan Lampung Menghijau yang berlangsung sejak 2010 lalu,” jelas Kepala Bidang Pengelolaan DAS dan RHL Dinas Kehutanan Provinsi Lampung MD Wicaksono. (GA)

 

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*