Bendungan Way Pengubuan Dikeringkan, Warga Selagai Lingga Ramai Mencari Ikan

Bendungan Way Pengubuan Dikeringkan, Warga Selagai Lingga Ramai Mencari Ikan

Lampung Tengah – Mencari ikan menjadi rutinitas warga kampung kecamatan selagai lingga kabupaten Lampung Tengah setiap tahunnya, setelah bendungan Way pengubuan dikeringkan, Sabtu (15/6).

Bendungan Way pengubuan setiap tahunnya Memang rutin dikeringkan guna membersihkan sampah yang menghambat saluran irigasi selain itu juga mencegah pendangkalan akibat lumpur dan pasir hanyutan dari hulu sungai.

Air yang mulai surut tersebut memberikan berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Pasalnya banyak ikan-ikan kecil yang berkeliaran di pinggir sungai dengan cara menjaring, menjala, atau biasa disebut oleh masyarakat setempat Ngekai punyeu (Cari Ikan).

Menurut penuturan warga, kegiatan menangkap ikan atau menangkul ikan ini merupakan kebiasaan yang sudah turun temurun dilakukan ketika air Bendungan Way pengubuan mulai surut.

“Biasanya ikan mulai banyak setelah air mulai surut, ikan mulai melompat-lompat ke pinggir dan disaat itulah saya mulai turun dan menangkap ikan,” ungkap Gedung, salah satu warga yang menangkul ikan.

Sementara itu, menurut Tamrin yang juga masyarakat setempat mengatakan kegiatan mencari ikan ini membutuhkan kerja keras dimana lumpur bendungan ini lumayan dalam membuat kita sulit berjalan belum lagi banyaknya warga yang berebut menangkap ikan.

“Saya juga merasa kesulitan menangkap ikan, ditambah banyaknya kawan-kawan yang lain dan berebut untuk menangkap ikan,” kata dia. (Aswar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *