Antusias Warga Sambut Launching Perdana Festival Budaya Maghgo Sekappung Libo

Antusias Warga Sambut Launching Perdana Festival Budaya Maghgo Sekappung Libo

Lampung Timur – Festival Budaya Maghgo Sekappung Libo di gelar di lapangan merdeka Kecamatan Jabung Lampung Timur, budaya ini merupakan budaya leluhur yang akan dijaga dan tetap dilestarikan sampai kapanpun, dan inilah salah satu tujuan digelarnya festival tersebut, agar para generasi muda khususnya yang ada di dalam lingkaran marga tersebut tergugah untuk menerapkan dan melestarikan kembali seni dan budaya dengan mengunggah dan memberi kesempatan serta meningkatkan produktifitas komunitas sanggar pelaku seni tradisi Maghgo Sekappung Libo menuju budaya nasional.

Demi upaya mempertahankan serta memperkenalkan budaya Lampung, kini para pemuda jabung menggagas momentum ini, bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan, KorWil pendidikan, Para Kepala Desa dan Tokoh-Tokoh dari kecamatan setempat, pada Senin (17/6/2019) Festival Budaya Maghgo Sekampung Libo resmi digelar yang sebelumnya telah melalui proses persiapan dan tahapan-tahapan bahkan seminar.

Hadir dalam acara tersebut Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari,Camat Hendri Gunawan, Kadis Pendidikan, Korwil pendidikan jabung, Suttan Melinting Rizal Ismail, KaPolsek, Danramil, Kepala Desa se-Kecamatan Jabung, serta tampak hadir pula Korwil Labuhan Maringgai Sumanta, Korwil Bandar Sribawono, Ibrohim, Korwil Mataram Baru Ismail dan seluruh Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA se Kecamatan Jabung, serta tokoh adat, masyarakat, pemuda dan tokoh agama dan tamu undangan. Bupati pun sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan tersebut.

Camat Jabung Hendri Gunawan Dalam sambutannya mengatakan “Festival Budaya Maghgo Sekampung Libo dipersiapkan sedemikian rupa, melalui proses dan tahapan-tahapan dan kami mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur supaya kedepannya bisa menganggarkan dana untuk gelaran ditahun berikutnya.

Mewakili lembaga pendidikan kecamatan jabung Ibrahim S Pd, mengatakan,”Festival Maghgo Sekampung Libo ini dalam rangka mensosialisasikan sejarah nenek moyang kita pada jaman dahulu, akan pentingnya seni budaya karena anak anak muda sekarang ini banyak yang kurang paham dengan adanya kegiatan ini, mudah mudahan bisa bangkit kembali adat dan budaya dan kelak anak anak akan bisa mempelajari budaya yang sudah ada yang akan segera di buku kan yaitu buku selayang pandang Maghgo Sekappun Libo serta akan dijadikan muatan lokal dan akan kita bagikan ke sekolah-sekolah khususnya yang ada di jabung ini, serta juga untuk menepis imej negatif tentang nama Jabung yang santer diluaran,” ujar Ibrahim.

Dan, lanjutnya, atas nama penyelenggara festival ini, saya juga berharap kepada Pemerintah Daerah Lampung Timur melalui dinas terkait supaya bisa dimasukkan dalam agenda tahunan serta di anggarkan dalam APBD Kabupaten dan hal itu sudah kami usulkan ke Bupati, dengan harapan supaya kegiatan ini tiap tahunnya bisa kita gelar. Dan Untuk pesertanya itu dari wilayah khusus yang tergabung dalam adat Maghgo Sekampung Libo meliputi 6 desa yaitu Jabung, Nagara Batin, Negara Saka, Bungkuk, Asahan dan Gunung Sugih Kecil,” tambahnya.

Ibrahim S.Pd yang juga merupakan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah(KKKS) ini, hasil dari seminar waktu lalu dengan harapan dua buku itu akan segera di cetak dan dijilid serta di perbanyak dan akan di bagikan ke sekolah-sekolah serta di jadikan muatan lokal untuk wilayah Maghgo Sekampung Libo terutama Desa Jabung, Negara Batin dan Negara Saka. tetapi harapan kami paling tidak harus dijadikan muatan lokal,” paparnya lebih lanjut.

Festival Budaya tersebut juga menampilkan tari kolosal dengan ribuan penari yang juga di ikuti oleh seluruh hadirin sehingga nampak lautan manusia meliuk-liuk mengikuti irama tabuh gamelan dan pada sore harinya dilanjutkan dengan gelaran Pawai Budaya yang di ikuti dari berbagai elemen masyarakat berbaur dengan kalangan lembaga pendidikan dan lain-lain se-Kecamatan Jabung untuk memeriahkan suasana dan melengkapi gelaran tersebut, sehingga menjadikan masyarakat jabung terhibur dan berpartisipasi dalam kegembiraan.

Wartawan : Salim

Editor : Anisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *