Gubernur Lepas 53 Calon Praja IPDN 2019 Ikuti Test Pantukhir di Kampus IPDN Jatinangor

Gubernur Lepas 53 Calon Praja IPDN 2019 Ikuti Test Pantukhir di Kampus IPDN Jatinangor

Bandar Lampung – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi diwakili Plt. Asisten Administrasi Umum Provinsi Lampung, Minhairin melepas keberangkatan 53 orang calon praja IPDN tahun 2019 untuk mengikuti test pantukhir di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat.

“Hari ini, dengan rasa bangga kita dapat menyaksikan putra-putri terbaik Provinsi Lampung sebanyak 53 orang yang masih berjuang untuk lolos dan dapat diterima sebagai Praja IPDN Tahun 2019. Kita do’akan, mudah-mudahan pada test penentuan akhir nanti dapat mereka Ialui dengan lancar dan selanjutnya diterima sebagai mahasiswa Praja IPDN, sekaligus mereka berhasil pula menyelesaikan pendidikan di IPDN dengan baik,” ujar Minhairin di Ruang Abung, Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Kamis (8/8/2019).

Minhairin melanjutkan bahwa tahapan seleksi Calon Praja IPDN dengan sistem gugur telah dilalui, mulai dari Tes TKD (Tes Kompetensi Dasar), Tes Kesehatan hingga Tes Psikologi (psikotes).

Untuk selanjutnya akan menempuh Tes Pantukhir yang akan dilaksanakan di Kampus IPDN Jatinangor.

“Ini menuntut kesiapan fisik dan mental saudara-saudara. Saya berharap saudara dapat mengikuti Pantukhir dan berhasil lulus menjadi Praja IPDN Kontingen utusan Provinsi Lampung. Saya juga berdo’a semoga diantara saudara-saudara ini tidak ada yang pulang kembali ke Provinsi Lampung karena gagal dalam Pantukhir,” katanya.

Minhairin berharap para calon praja IPDN ini baru akan pulang empat tahun kemudian dengan gelar Sarjana Sains Terapan Pemerintahan sebagai Pamong Praja Muda yang professional.

“Jika Saudara dinyatakan lulus pada Pantukhir nanti, maka Saudara akan memasuki lingkungan baru, yaitu komunitas belajar yang kondisinya disesuaikan dengan budaya organisasi IPDN. Kampus IPDN sangat berbeda dengan Kampus Perguruan Tinggi lainnya, baik dari konsepsi pembelajaran, penegakkan disiplin dan pembentukan keahlian,” ujarnya.

Disamping itu juga, masih kata Minhairin, para calon praja juga akan dibentuk sikap dan perilaku kepemimpinan dengan visi membangun birokrasi pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Kepada calon praja saya berpesan, jagalah kesehatan kalian, persiapkan fisik dan mental kalian dan ikutilah setiap kegiatan yang diagendakan dengan sebaik-baiknya. Saudara adalah duta Provinsi Lampung, jagalah kekompakan dan nama baik Provinsi Lampung,” katanya.

Sebagai informasi, calon praja asal Provinsi Lampung ini nantinya akan diterima di kampus IPDN Jatinangor pada tanggal 9 Agustus 2019 esok. Selanjutnya akan mengikuti tes pantukhir dari tanggal 9-31 Agustus 2019 dikampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat.

Tes pantukhir tersebut nantinya meliputi verifikasi faktual dokumen, tes ulang kesehatan oleh tim kesehatan IPDN Jatinangor, tes kesamaptaan oleh tim yang ditunjuk pihak Kemendagri dan tes wawancara oleh tim IPDN Jatinangor.

Calon praja yang dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan selama empat tahun pada delapan kampus yang tersebar di Indonesia. (Ita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *