Peringati HUT Polairud ke-69, Ditpolairud Polda Lampung Tanam Terumbu Karang

Peringati HUT Polairud ke-69, Ditpolairud Polda Lampung Tanam Terumbu Karang

Bandar Lampung – Dalam rangka HUT Polairud ke-69, Direktorat Pol Airud (Ditpolairud) Polda Lampung melaksanakan kegiatan penanaman terumbu karang di sekitaran Pantai Puri Gading, Telukbetung Barat (TbB), Bandarlampung, Rabu (4/12/2019)

Direktur Polairud (Dirpolairud) Polda Lampung Kombes Pol Usmar Heri Purwono mengatakan, penanaman ini dilakukan untuk menjaga transpalansi terumbu karang agar ekosistem laut pun lebih terjaga. Sehingga juga bermanfaat untuk menumbuh kembangkan objek wisata di manca negara.

“Kita tanam tadi sekitar sembilan rak terumbu karang. Penanaman awal kita tanam di sekitar gosong Pantai Puri Gading, dengan harapan keliling gosong itu tumbuh karang. Sementara di atas tanah gosong itu sendiri bisa kita bikin seperti joglo dan taman laut. Arahnya seperti itu,” ujarnya.

Polisi berpangkat melati tiga ini menambahkan, terumbu karang yang ditanam yakni sejenis karang jahe dan bersifat gampang tumbuh dan berkembang. “Kenapa dipilih di Puri Gading? Ini bertempat dengan markas kita karena rencanakan nanti akan membangun pelabuhan di depan Polairud itu. Kita manfaatkan ada tiga tanah gosong itu untuk sarana wisata air,” jelasnya.

Untuk penanaman terumbu karang ini pun dipilih dengan kedalaman sekitar 5 meter. Di mana ketika air surut pada permukaan terumbu karangnya tetap terjaga. “Sehingga karang itu bisa terjaga. Karena kalau muncul bisa mati karangnya,” ungkapnya.

Tidak hanya itu ia pun menghimbau agar masyarakat, khususnya nelayan dan para snorkle untuk tetap menjaga keindahan terumbu karang.

“Saya imbau agar masyarakat tidak merusak terumbu karang agar tetap terjaga. Apalagi para pelaku bom ikan yang mengambil ikan secara instan. Jadi para masyarakat yang mengambil ikan hindari untuk merusak karang, jaring-jaring penangkap ikan pun bisa merusak karang. Untuk para snorkle hindari menginjak karang, karena kalau dipinjak karangnya patah dan tumbuhnya lama sekali,” imbaunya.

Dia menambahkan, kegiatan penanaman terumbu karang ini merupakan rangkaian kegiatan HUT. Yang di mana besok (Rabu, red) akan ada kegiatan syukuran di markas Ditpolairud dan mengundang beberapa stakeholder lainnya.

“Nah untuk acara yang sudah kita lakukan bakti sosial dan lomba internal mengaktifkan kembali pluit bahari. Untuk kegiatan yang sifatnya perlombaan dilaksanakan Polairud Baharkam Mabes Polri,” yang senan tiasa mendupot buat seluruh anggota agar tetap optomis dan semangat dalam mengemban visi, misi kepolisiaan. (Ita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *