AKBP Budiman Sulaksono Resmi Mengukuhkan 42 Anggota Pokdar Kamtibmas

AKBP Budiman Sulaksono Resmi Mengukuhkan 42 Anggota Pokdar Kamtibmas

Lampung Utara – Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, resmi mengukuhkan 42 orang Anggota Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas), bertempat di Gedung Wira Satya (GWS) Polres Lampung Utara. Kamis,16 Januari 2020.


Ke-42 anggota Pokdar Kamtibmas tersebut selain dari unsur TNI / Polri, aparatur Pemerintahan, juga dari berbagai elemen masyarakat seperti Tokoh adat, Tokoh Agama, Pers, Ormas, OKP, Pimpinan Teritorial dan kelompok masyarakat.


Pada sambutannya Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, selaku Dewan Pembina Pokdar Kamtibmas Kabupaten Lampung Utara menyampaikan kehadiran kepolisian tidak dapat dipisahkan dari supra sistem yang melingkupinya yaitu masyarakat.


“Tugas utama kepolisian dalam perkembangan sejarah berkisar pada penegakkan hukum, memelihara ketertiban umum, serta pelayanan masyarakat”. Hal tersebut ada dalam pasal 2 undang-undang Republik Indonesia No 2 tahun 2002 : “fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan, pengayom, dan pelayanan masyarakat,” jelasnya.


Kapolres menambahkan “Seperti yang tertuang dalam undang-undang republik indonesia no.2 tahun 2002 pasal 1 ayat 5 bahwa Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai, salah satu prasyarat terselenggarannya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat,” kata dia.


“Tugas dari pokdar kamtibmas yaitu menciptakan situasi dan kondisi keamanan lingkungannya, mencegah terjadinya konflik-konflik memberikan pertolongan pertama terhadap bencana alam dan melakukan kegiatan sosial. Yang tujuan nya adalah dengan adanya sinergisitas dan kemitraan antara masyarakat akan menciptakan situasi aman dan konisi wilayah dan lingkungan masing-masing secara aman nyaman dan kondusif,” papar Kapolres.


Hadir pada acara tersebut Pembina Pokdar Kamtibmas Provinsi Lampung H.Herman Rusli Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol. Drs.Jhoni Soeroto, Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, para Pejabat Utama Polres Lampung Utara dan Kapolsek, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama, Tokoh adat Awak Media juga Kelompok Masyarakat lainnya. (Dedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *