Penilaian PPD Tahun 2020, Tanggamus Optimis Jadi yang Terbaik

Penilaian PPD Tahun 2020, Tanggamus Optimis Jadi yang Terbaik

Tanggamus – Bupati Hj. Dewi Handajani menyampaikan rasa optimisnya, Kabupaten Tanggamus menjadi yang nomor satu dalam Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik Tahun 2020 Tingkat Provinsi Lampung.

Hal itu tidak berlebihan rasanya, karena Kabupaten Tanggamus telah masuk Tiga Besar dalam Penilaian PPD Terbaik Tahun 2020 Tingkat Provinsi Lampung dan berhak mendapatkan Anugerah Saburai dari Gubernur Lampung.

Hal itu terungkap saat Tim Penilai PPD Provinsi Lampung berkunjung ke Kabupaten Tanggamus untuk melakukan Penilaian PPD Tahap II.

Kedatangan Tim sendiri disambut langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, bersama Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Staf Ahli Bupati, Asisten danKepala Bappelitbang, para Kepala OPD serta Camat se Kabupaten Tanggamus, di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Tanggamus, Senin (10/02/20).

“Target menjadi juara I tidak berlebihan rasanya, sekarang tiga besar. Insya Allah mendapat yang terbaik di Provinsi Lampung. Kami sangat yakin apa yang kami paparkan sesuai kondisi tanpa ada rekayasa,” kata Bupati.

Bupati juga berharap jajaran OPD  mendukung penilaian tahap II yang dilakukan oleh Tim Penilai.

“Saya harap OPD dukung penilaian ini, lewat sajian data-data dan inovasi. Hal itu tentu akan berjalan maksimal dan Tanggamus dapat penilaian terbaik,” pungkasnya.

Adapun Tim Penilai terdiri dari Tim Utama, Tim Teknis dan Tim Independent, yang dipimpin Kasubdit Analisis Pengendalian dan Kebijakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Lampung, Ida Susanti.

Dalam sambutamnya Ida Susanti  mengatakan bahwa dalam penilaian tahap II ini dilakukan verifikasi dan wawancara, dengan melihat langsung dokumen RKPD dan RPJMD.

“Verifikasi dan wawancara merupakan lanjutan dari penilaian tahap I yang dilakukan oleh Tim Teknis. Dalam penilaian Tahap II ini, tim melihat langsung apa yang disampaikan dalam dokumen RKPD dan dokumen RPJMD,” terangnya.

Ida melanjutkan, hasil dari penilaian tahap II ini nantinya diskoring dari tiga kabupaten.

“Skor tertinggi akan menjadi yang terbaik dan mendapat Anugerah Saburai dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi,” kata Ida.

Adapun Kabupaten lainnya yang masuk menjadi Tiga Besar bersama Kabupaten Tanggamus yakni Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pringsewu.

“Dari tiga kabupaten, satu yang mendapat Anugerah Saburai dan berhak mewakili Provinsi Lampung ditingkat nasional. Pengumuman pemenang saat Musrenbang Tingkat Provinsi Lampung,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan cindera mata dan kain sarung khas Tanggamus yang merupakan produk asli UMKM Kabupaten Tanggamus.

Selain itu, Tim Penilai dengan didampingi Bupati, juga melihat keberadaan Ambulance Pekon yang merupakan implementasi “Program 1 Ambulance 1 Pekon” untuk meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan bagi masyarakat Tanggamus. Dimana sampai Tahun 2019, telah direalisasikan sebanyak 100 Ambulance dari 299 Pekon yang ada di Kabupaten Tanggamus. (Junaidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *