SK e-Warong Desa Sumberrejo Dibuat Kades? Ini Penjelasan Kepala Dinas Sosial

Lampung Timur – Pemerintah desa Sumberrejo kecamatan Batang Hari kabupaten Lampung Timur adakan Rapat bersama KPM terkait data Kuota BPNT yang menuai kritik dari warga, Rabu (14/7/2021) di balai desa setempat.

Rapat yang dihadiri puluhan KPM dan Pemdes membahas tentang masalah bantuan yang pencairan nya melalui e-warong ini mendadak selesai saat wartawan datang untuk meliput.

Priyo Wibowo selaku kepala desa Sumberrejo kepada media mengatakan rapat ini dilakukan guna pemantapan data KPM yang sering tidak keluar dana.

“Laporan dari warga ini ada yang gak keluar katanya, gesek juga gak keluar tuh. PKH juga gak keluar,” kata dia.

Masih kata Priyo, “untuk ganti e-warong gak ada. Yang memberikan informasi itu siapa,” katanya.

Ditambahkan Sarijo bagian Kesra desa, ditemukan sebanyak 386 data yang bermasalah dikarenakan NIK tidak terdaftar atau tidak online.
“Akhir-akhir ini aja yang tidak bisa melakukan transaksi tapi yang kemarin-kemarin lancar pak, belum ditemukan solusinya,” ujarnya.

Edi selaku LPM

Ditempat yang sama, Edi selaku LPM menjelaskan SK Kube e-warong dibuat oleh kepala desa.

“Data dalam perbaikan terus, SK e-warong itu kan kube, tadi nya dari pihak dinas sosial mengarahkan supaya di bentuk kube di SK kan kepala desa lalu kerjasama dengan pihak bank makanya e-warong itu adalah agen bank pak,” kata dia.

Sejumlah KPM desa sumberrejo yang hadir dalam rapat tersebut enggan untuk dimintai keterangan terkait rapat yang diadakan.

Menyikapi pernyataan ini, media berkordinasi dengan Kepala dinas sosial Lampung Timur. Darmuji menjelaskan, e-warong itu merupakan hak kewenangan dari bank mandiri yang ditunjuk oleh kemensos.

“E-warong itu agen bank yang sudah terdaftar di kemensos, terus untuk menentukan suplayer itu sepenuhnya hak dari pada e-warong untuk memilih suplayer. Aparat pemerintah ASN camat Apdesi tidak boleh mengarahkan sesuai dengan pedum yang ada,” pungkasnya. (Riz)

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*