Pleno Rekapitulasi Suara KPU Tanggamus Selesai

Pleno Rekapitulasi Suara KPU Tanggamus Selesai

TANGGAMUS, PESONALAMPUNGNEWS.COM – Pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 KPU Kabupaten Tanggamus yang digelar digelar sejak Senin (29/4/19) di Aula Hotel VIP Gisting selesai pada Kamis (2/5/19) pagi, berakhir dengan situasi kondusif.

Namun karena kelelahannya para petugas dan saksi penandatangan hasil pleno tingkat KPU Tanggamus dilaksanakan sejak siang hingga malam, selanjutnya hasil pleno langsung di distribusikan ke KPU Provinsi Lampung pukul 19.00 WIB dengan pengawalan anggota TNI dan Polres Tanggamus.

Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM melalui Wakapolres Kompol Andik Purnomo Sigit, SH. SIK. MM mengatakan, rangkaian pengamanan Pleno Rekapitulasi KPU Tanggamus yakni Suara Presiden/Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten telah selesai 100 persen.

Pun demikian, pengamanan Polres Tanggamus tidak hanya berhenti hingga sampai disitu, sebab pengawalan hasil pleno dilakukan pengawalan oleh TNI dan Polri ke KPU Provinsi Lampung.

Selain itu, pengamanan juga dilaksanakan terhadap kotak suara yang dari tempat pleno yang akan dikembalikan ke gudang KPU termasuk pengamanan gudang KPU hingga rangkaian Pemilu 2019 dinyatakan berakhir.

“Proses rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 KPU Tanggamus telah selesai dan hasilnya langsung dikirim ke kantor KPU Provinsi Lampung malam inu juga,” ungkap Kompol Andik Purnomo Sigit dalam keteranganya di lokasi pleno.

Wakapolres menegaskan bahwa dalam pelaksanaan pengamanan rapat pleno berjalan dengan lancar dan kondusif, tidak ada kendala yang mengganggu serta seluruh petugas juga dalam kondisi baik.

“Pengamanan berlangsung lancar, seluruh personel pengamanan baik TNI maupun Polri maupun petugas KPU, Bawaslu, PPK serta seluruh saksi dalam kondisi tanpa kurang satu apapun,” tegasnya.

Kesempatan itu juga, Wakapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur pendukung dan masyarakat yang telah mensukseskan seluruh rangkaian Pemilu 2019 di Kabupaten Pringsewu sehingga berlangsung aman, damai dan kondusif.

“TNI Polri mengawal seluruh rangkaian Pemilu 2019 yang sudah dilakukan secara berjenjang hingga hasilnya telah dikirimkan ke KPU Provinsi Lampung, terima kasih kepada seluruh unsur dan masyarakat walaupun berbeda pilihan namun mampu menciptakak situasi yang aman damai dan sejuk di Kabupaten Tangamus,” pungkasnya.

Ditempat sama, Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra menerangkan bahwa rekapitulasi telah selesai pada pukul 05.00 Wib tanpa kendala yang berarti.

“Hanya karena petugas dan saksi kelelahan maka penandatanganan oleh saksi-saksi dilaksanakan hingga malam hari,” kata Otto Yuri.

Lanjutnya, hasil pleno malam ini juga langsung diserahkan ke KPU Provinsi Lampung dengan pengawalan petugas pengamanan untuk diplenokan pada tingkat provinsi.

“Hasil pleno langsung dikirim ke KPU Provinsi untuk diplenokan disana, namun untuk tanggal kami tidak tau pasti jadwalnya,” tandasnya. ( Junaidi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *