Pasca Gempa, Polda Banten Siagakan Personil Mengantisipasi Gempa Susulan

Pasca Gempa, Polda Banten Siagakan Personil Mengantisipasi Gempa Susulan

Banten – Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menghimbau masyarakat di kawasan Banten dan Provinsi Lampung yang tinggal di pesisir Selatan, agar tetap tenang, waspada sambil mengungsi ke tempat yang tinggi.

Gempa dengan kegiatan 7,4 SR yang terjadi pada pukul 19:03 WIB berpotensi tsunami. BMKG merekomendasi status siaga terhadap kemukiman terjadinya tsunami.

Status waspada akan di akhiri pada pukul 21:30, dua jam setelah gempa terjadi.

“Fenomena bencana alam gempa sulit diprediksi, makanya kita menunda waktu selama 2 jam setelah gempa terjadi,” kata Dewi dalam konferensi pers di jakarta.

Gempa yang terjadi pukul 19:03 WIB itu di Jakarta guncangan 2 MMI. Gempa Banten kali ini juga terasa sampai ke Malang dan Bali dengan guncangan 2 MMI

Senada dengan himbauan kepala BMKG, Kabid Humas Kombes Pol Edy Sumardi P SIK MH, juga menyampaikan agar warga tidak panik, namun tetap waspada sambil mencari tempat yang tinggi.

Menurut Kabid Humas, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir Msi telah menyiagakan seluruh personil untuk mengantisipasi apabila terjadinya gempa susulan yang berpotensi Tsunami.

“Alhamdulillah, kita dari Polda Banten telah melaksanakan Patroli R2 dan R4 ke arah Kabupaten Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak,” ujar Edy

Personil yang telah diturunkan dari satuan Ditsamapta, Brimob, Ditpolairud beserta personil lainnya beserta sarana prasarana lainnya yang telah disiagakan.

Kapolda juga telah menyiagakan personil Polsek- Polsek pantai untuk menghimbau masyarakat naik ke dataran tinggi, rumah-rumah yang ditinggal akan dijaga personil yang patroli. Selanjutnya patroli skala besar dari polres pandeglang dan Brimobda Banten sebanyak 200 personil sudah berangkat ke arah Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Serta, sebanyak 50 perssonil patroli polres lebak sudah berangkat menyusuri pantai yang diperkirakan getaran gempa dirasakan besar. (Anto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *