Pemkab Way Kanan Gelar Musrenbang Tahun 2021

Way Kanan – Pemerintah Kabupaten Way Kanan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Anggaran Tahun 2021. Musrenbang tersebut dilaksanakan Pemkab Way Kanan melalui Video Conference di beberapa tempat berbeda, Bupati di Rumah Dinas Bupati Way Kanan, Sekda di Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan, dan Asisten I di Ruang Rapat Bappeda, Selasa (14/4/2020).

Sementara itu, Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, menyampaikan Musrenbang merupakan momentum penting dan strategis dalam rangka merumuskan program prioritas pembangunan tahun 2021. Untuk kemudian menjadi acuan dalam penyempurnaan Rancangan Awal RKPD 2021.
“RKPD tahun 2021 merupakan RKPD transisi antara “RPJMD 2016-2021″ dan RPJMD periode berikutnya. Oleh karena itu RKPD 2021 harus mempertimbangkan arahan RPJPD Kabupaten Way Kanan tahun 2005 s/d 2025, isue-isue aktual, pertumbuhan ekonomi dan keuangan serta sinergitas kebijakan nasional dan daerah,” kata Adipati.

Adipati menambahkan, Memasuki tahun 2020 Dunia dihadapkan pada persoalan Covid-19 yang dinyatakan sebagai pandemi dihampir diseluruh negara, dari waktu ke waktu terus menunjukkan peningkatan. Menimbulkan korban jiwa, kerugian meterial dan berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
“Kita belum bisa memprediksi secara akurat sampai kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Bisa dua bulan, tiga bulan, empat bulan atau lebih, belum ada gambaran yang pasti. Jika covid-19 dapat cepat ditanggulangi maka normalisasi dan recovery dapat segera dilakukan dengan biaya lebih hemat,” ucap Adipati.

“Tetapi jika pandemi covid-19 ini berlangsung lama dan tidak segera ditangani maka biaya yang diperlukan akan semakin besar. Dan hal ini akan menjadi beban pemerintah dan masyarakat serta dapat menghambat pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Sehubungan dengan Covid-19, maka dari itu RKPD 2021 harus disusun lebih fleksibel, dinamis dan antisipatif, agar dapat menyesuaikan perubahan yang terjadi. Walaupun Sejauh ini penyebaran Covid-19 di Kabupaten Way Kanan masih terkendali.
Selanjutnya, Rencana kerja tahun 2021 tergantung pada kondisi keuangan dan capaian penanganan covid-19 sampai akhir tahun 2020. Program dan kegiatan yang menjadi prioritas tahun 2021 adalah hal hal mendesak terkait covid-19 yaitu terkait kesehatan, dampak ekonomi dan dampak sosial termasuk penanggulangan kemiskinan, dan lain-lain.”

Menurutnya, “hal lain yang perlu dikedepankan adalah kegiatan penting yang tertunda akibat covid-19 seperti infrastruktur dasar, (rahabilitasi jalan poros yang tertunda di tahun 2020), irigasi, dan lain lain. Selanjutnya kegiatan lain merupakan target RPJMD dan usulan murenbang kecamatan.
Sejalan dengan tema RKPD Provinsi Lampung  2021: “Meningkatkan Kualitas SDM Dan Pembangunan Ekonomi Yang Berkelanjutan Berbasis Inovasi”, maka RKPD Kabupaten Way Kanan Tahun 2021 mengusung Tema: “Meningkatkan Kualitas  Sumber Daya Manusia  dan Pemerataan Ekonomi yang Berkelanjutan didukung oleh Pembangunan Infrastruktur. (Lia/Sue)

 

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*