Peringati Harganas dan HANI 2020, Pemkab Tanggamus Gelar Upacara dan Pelayanan KB Sejuta Akseptor

Tanggamus – Pemerintah Kabupaten Tanggamus memperingati Hari keluarga Nasional (Harganas) ke-27 dan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020, melalui Upacara di Lapangan Pemkab Tanggamus, Senin (29/6).

Upacara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan oleh peserta Upacara. Dengan Inspektur Upacara, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syaf’i, Ketua DWP Ny. Nuraini Lubis serta Kepala BNN Kabupaten Tanggamus.

Dalam sambutannya Hj. Dewi Handajani mengatakan peringatan Harganas merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), yang saat ini telah diubah menjadi Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA), untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

“Kita semua tahu, bahwa keluarga memiliki peran penting dalam membangun bangsa yang kuat dan maju. Melalui keluargalah dasar karakter manusia dibentuk, terutama karakter dan kepribadian. Karenanya pembangunan budi pekerti perlu lebih diberikan perhatian khusus yang diawali dari masing-masing keluarga,” kata Bupati.

Dengan semangat keluarga Bupati mengajak kepada semuanya agar senantiasa mengutamakan keharmonisan, kedamaian, dan ketauladanan dalam berkeluarga, sehingga terhindar dari segala hal yang buruk seperti seks sebelum menikah, pernikahan dini, narkoba dan kekerasan dalam rumah tangga.

“Insya Allah apabila hal ini selalu dilaksanakan dalam keluarga akan terwujudlah keluarga yang sakinnah mawadah warahmah,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati menerangkan, dalam peringatan Harganas ke-27 tahun ini, BKKBN berinisiatif untuk melakukan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor. Hal ini juga untuk mendapatkan Rekor MURI.

“Sedangkan pelaksanaannya yaitu hari ini, di semua wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Tanggamus. Momentum Harganas dapat menjadi kesempatan untuk stimulasi dalam mewujudkan visi dan misi BKKBN, serta sebagai ajang meningkatkan komitmen dan sinergitas antara BKKBN dan mitra kerja lainnya baik pemerintah maupun swasta dalam mendukung program kependudukan.”

“Saya minta kepada para petugas, penyuluh KB agar selalu menyampaikan dan menjelaskan kepada masyarakat betapa pentingnya delapan fungsi keluarga, yaitu Fungsi Agama, sosial budaya, cinta kasih dan sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan,” terangnya.

Selanjutnya dalam Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 26 Juni, diusung tema “Hidup 100 % di era New Normal : Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba.”

“Hal ini merupakan ajakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih maksimal di segala unsur kehidupan,” kata Bupati.

Bupati juga menegaskan bahwa Pemkab Tanggamus telah berkomitmen dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Pemkab Tanggamus.

“Kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkotika yaitu dengan melaksanakan tes urine kepada 1.068 aparatur Pemkab Tanggamus. Dan pada tahun 2020 ini Pemda Tanggamus juga akan melakukan test urine kembali kepada 1.500 aparatur.”

“Kita tidak akan pernah main-main dalam memberantas peredaran narkoba. Apabila terdapat pegawai Pemda yang kedapatan positif menggunakan narkoba, maka akan ditindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” pungkasnya.

Upacara juga diwarnai dengan pelepasan balon udara dan pemotongan nasi tumpeng, sebagai tanda diperingatinya Harganas di Kabupaten Tanggamus.

Usai pelaksanaan Upacara, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani bersama Ketua TP PKK Hj Sri Nilawati dan Ketua DWP Tanggamus Ny. Nur’aini Hamid Lubis, mengunjungi Puskesmas Pasar Simpang, Kecamatan Kota Agung Timur.

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka meninjau Pelayanan KB dan melakukan penyuluhan kepada akseptor KB setempat, sebagai implementasi Program Sejuta Akseptor yang dilaksanakan dalam Peringatan Harganas ke 27 Tahun 2020 di Kabupaten Tanggamus. (Jun)

 

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*