Desa Sidokayo Gelar Musyawarah Khusus Penetapan BLT dan Musrenbangdes

Lampung Utara – Musdessus (Musyawarah Desa Khusus) penetapan calon penerima BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) oleh pemerintah Desa Sidokayo kecamatan abung tinggi beserta beberapa kelembagaan masyarakat Desa sidokayo, serta ketua karang taruna, operatur desa beserta jajaran RT/RW pendamping desa pihak kecamatan abung tinggi, babinkantibmas dan TA (Tenaga ahli ) desa sidokayo yang dilaksanakan di kantor Desa setempat, Selasa 21 juli 2020.

Musyawarah tersebut dilakukan untuk penambahan 3 bulan selanjutnya BLT DD sebesar Rp.300.000,- perbulan Adapun Musrenbangdes tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 .Di kantor desa sidokayo kecamatan Abung tinggi.

Acara yang pertama adalah sambutan oleh Kepala Desa sidokayo, Agus saripudin. Acara ini adalah acara khusus penyampaian, validasi, finalisasi, dan penetapan data keluarga penerima BLT DD Dan sekaligus pembahasan musrenbangdes. Agus menyampaikan bahwa semua kepala desa mempunyai masalah yang sama terkait bansos. Mengingat penerima bansos harus tepat sasaran dan sesuai dengan persyaratan penerima, orang yang sama sekali belum tersentuh bantuan jangan sampai terlewatkan. Hal tersebut juga tentunya akan menimbulkan kecemburuan social karena sumber dana yang disalurkan berbeda-beda.

Adapun bantuan yang akan disalurkan oleh desa berasal dari 5 sumber, antara lain Bansos Provinsi, Sembako Kemensos, BLT Covid, BLT Kabupaten, dan BLT DD. Dari 5 sumber bantuan tersebut, data peserta penerima yang belum final dan yang dibahas pada musyawarah tersebut adalah BLT DD.

Musyawarah berlangsung lancar dan apapun hasil itu sudah keputusan bersama yang ditetapkan pada saat itu oleh semua pihak yang telah hadir. Pemandu acara membacakan data perdusun, kemudian dari perwakilan dusun tersebut bisa menghapus data atau menambah data penerima sesuai dengan kesepakatan bersama dan melihat keadaan peserta apakah memenuhi syarat atau tidak.

Setelah dilakukan validasi jumlah total yang awalnya Dalam sambuatan nya kepala Desa yang di sapa akrab agus mengungkapkan kepada awak media dalam kegiatan ini kami selaku aparat Desa telah mendata warga khusus nya di Desa sidokayo dan hasil pendataan telah terdata sebanyak 209 warga yang berhak menerima BLT (Bantuan dana desa langsung tunai.

Lanjut dikatakan agus pada hari selasa (sekarang) kami telah menyalurkan secara langsung ke warga di desa alhamdulillah warga telah menerima nya langsung hari ini ada dua warga yang tidak dapat hadir di karna kan sakit dan langsung kami datangi kerumah dan di berikan secara langsung di kediamannya dan harapan saya semoga warga yang menerima bantuan langsung tunai ini dapat digunakan untuk kebutuhan yang bermanfaat dan dapat di belanjakan di desa sidokayo ini sendiri supaya perputaran ekonomi dapat berputar di desa,” ujarnya.

BLT Covid, data peserta yang menerima ada 209 peserta. Bentuk bantuanya berupa uang Rp. 600.000,- selama 3 bulan yang alhamdulilah sudah tersalur sampai tahap 3 dan selanjutnya ada penambahan 3 bulan lagi sebanyak Rp. 300.000,-
selanjutnya untuk kegiatan fisik di tahun 2020 desa sidokayo di gunakan untuk program yang di usulkan melalu musdes desa untuk pembuatan siring pasang ,jalan lapen, dan lampu jalan desa guna adanya musrenbang khusus ini agar adanya keterbukaan publik untuk masyarakat desa mengetahui,” kata dia.

Ditmbahkan lagi dari pihak yang mewakili kecamatan abung tinggi sarmani menyampaikan agar masyarakat yang menerima BLT dapat menfaatkan dana BLT untuk kebutuhan dan menegaskan lagi untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selalu gunakan masker serta cuci tangan.
“Sekali lagi saya menyampaikan bahwa bantuan bervariasi jumlah nominal dan jangka waktunya bantuan juga jangan sampai salah sasara,” tegasnya. (Dedi)

 

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*