APSI PTM Gelar Seminar Nasional Pemberdayaan Keluarga Sukses

Foto : Susiana

 

BANDARLAMPUNG, PESONALAMPUNGNEWS.COM–Asosiasi Psikologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APSI PTM) menggelar seminar nasional Pemberdayaan Keluarga sukses, dengan menghadirkan Praktisi Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, Prof Dr Sawitri Supardi Sadarjoen, di Ballroom Hotel Emersia, Selasa (13/11/2018).

Dekan Fakultas Psikologi UM Lampung Renyeb Proborini dalam sambutannya menjelaskan bahwa seminar nasional tersebut diikuti sebanyak 17 universitas yang tergabung dalam APSI PTM.
“Alhamdulillah tahun 2018 ini kami dipilih jadi tuan rumah. Ada berbagai acara yang menjadi rangkaiannya, semoga semua berjalan lancar,” kata dia.

Ditempat yang sama, Ketua pelaksana kegiatan, Rini Setriani mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang digelar Univeraitas Muhammadiyah di Indonesia yang memiliki fakultas psikologi.
” Ini merupakan agenda rutin tahunan yang digelar Universitas Muhamaddiyah di seluruh Indonesia yang memiliki fakultas psikologi,” kata dia.

Rini Setriani melanjutkankan bahwa acara kegiatan ini diikuti 370 peserta yang berasal dari 17 Universitas Muhammadiyah se Indonesia.
” Acara ini diikuti sebanyak 370 peserta yang terdiri dari pimpinan, dosen, dan mahasiswa 17 universitas, serta guru maupun psikolog yang dihadiri sejumlah praktisi,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Praktisi Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, Prof Dr Sawitri Supardi Sadarjoen mengungkapkan bahwa dalam upaya memberikan edukasi ke masyarakat, terutama para orang tua lebih maksimal berfungsi sebagai pendidik dan pendukung tumbuh kembang anak. hasil didikannya itu dapat dimanfaatkan lingkungan sekitar dan masyarakat luas,
“hal yang paling penting adalah membuat anak memiliki basic trust atau kepercayaan dasar, yang sangat dibutuhkan untuk tampil mandiri di lingkungan dimana dia berada,” ungkapnya.

Sawitri Supardi Sadarjoen menerangkan bahwa emosi positif antara orang tua dan anak sangat penting untuk memupuk rasa percaya diri pada anak.
“Penting sekali emosi positif antara orang tua dan anak sehingga anak punya modal basic trust. Tanpa rasa percaya yang mendasar maka dia akan sulit tampil secara optimal dalam kehidupan selanjutnya,” pungkasnya.

Diketahui, Wakil Rektor I UM Lampung Dr Ani Nurhayati mewakili rektor membuka acara dengan melakukan pemukulan gong secara simbolis, setelah sebelumnya menyampaikan sambutan dari rektor yang berhalangan hadir karena sedang acara di kampus secara bersamaan. (Sus)

 

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*