AKD DPRD Metro Terbentuk

AKD DPRD Metro Terbentuk

METRO – Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Metro terbentuk. Sayangnya dari komisi dan badan yang terbentuk hanya Badan Kehormatan (BK) yang belum.

“Untuk struktur badan-badan sudah terbentuk. Ini seperti Badan Anggaran, Badan Musyawarah, dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Papemperda) yang sebelumnya Badan Legislasi (Banleg). Hanya Badan Kehormatan (BK) yang belum dibentuk,” terang Sekretaris DPRD Kota Metro Budiono, Selasa (29/10/2019).

Diakuinya, meski BK belum terbentuk namun kondisi ini tidak akan mengganggu kinerja pimpinan dan anggota DPRD. Menurutnya, pembentukan BK nantinya dapat dilakukan berdasarkan insidentil terkait kedisiplinan internal Anggota DPRD.

“Untuk komposisi jumlah komisi masih sama seperti periode lalu yaitu tiga komisi. Untuk ketua dan anggota komisi pun sudah ditetapkan,” ujarnga.

Ia mengatakan, setelah pembentukan AKD tersebut, selanjutnya DPRD bersama ekskutif akan melakukan pembahasan APBD 2020. Dimana waktu pembahasan APBD 2020 targetkan rampung pada 30 November 2019.

Sementara itu, untuk Struktur AKD DPRD Kota Metro diantaranya Ketua Komisi I dipimpin oleh Basuki, S.Pd., Wakil Ketua Indra Jaya, SE., Sekretaris Amrulloh, SH., MH., dan Anggota Tondi MG Nasution, ST., Wasis Riyadi, S.Sos., MH., Abdulhak, SH., MH., serta M. Fermanto, SE. “Untuk Komisi I ini membidangi Hukum, Pemerintahan, Sumber Daya Manusia, dan Administrasi,” jelasnya.

Kemudian, Ketua Komisi II Fahmi Anwar, SE., Wakil Ketua Ancilla Hernani, SE., S. Psi., M. Pd., dan Sekretaris Maryati, SKM, M.Kes.. Sedangkan anggotanya yakni Iin Dwi Astuti, SE., Yulianto, SE., M.Pd.I., Ansori, SE., MM., Ratni Makarau, SE., dan Wahid Asngari, S.Pd.I., M.Pd.I. “Untuk Komisi II ini membidangi Kesejahteraan Rakyat dan Keuangan,” ungkapnya.

Selanjutnya, untuk Ketua Komisi III Subhan, SE., Wakil Ketua Ahmadi, Sekretaris Ria Hartini, S.Sos., Anggota Kun Komariyati, SE., Didik Isnanto, Ir. Deswanto., Basuki Rahmad., dan Ir. D Shantory. “Untuk Komisi III ini membidangi Ekonomi dan Pembangunan,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk struktur Badan Anggaran diantaranya yakni Ketua Badan Anggaran Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II Anna Morinda dan Ahmad Khuseini. Anggota, Iin Dwi Astuti, Subhan, Kun komariyati, Ria Hartini, Didik Isnanto, Ahmadi, Wasis Riyadi, Abdulhak, Basuki Rachmad, Amrulloh, M. Fermanto, dan Ratmi Makaraw.

Lalu, Ketua Badan Musyawarah Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II Anna Morinda dan Ahmad Khuseini. Anggota, Tondi Nasution, Indra Jaya, Mariyati, Basuki, Ancilia Hernani, Yulianto, Ansori, Deswan, Fahmi Anwar, Wahid Asnahri, dan Santori.

Sedangkan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Papemperda) yakni Yulianto, Wakil Ketua Ratmi Makaraw, anggota Tondi Nasution, Iin Dwi Astuti, Didik Isnanto, Ancilia Hernani, Deswan, dan Fahmi Anwar. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *